Nama
: Nanda Setiawan
Kelas
: 2KB07
Npm
: 25111098
Tujuan User Interface
dalam IMK :
Untuk
membuat antarmuka yang baik dibutuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu, antara
lain :
1. Teknik elektronika & ilmu komputer
memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI
2. Psikologi
memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna
3. Perancangan grafis dan tipografi
sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia & komputer
4. Ergonomik
berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman, misal : bentuk meja & kursi kerja, layar tampilan, bentuk keyboard, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja
5. Antropologi
ilmu pengetahuan tentang manusia, memberi suatu pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing – masing anggotanya dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidangnya
6. Linguistik
merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Untuk melakukan dialog diperlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu bahasa khusus, misal bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu, bahasa perintah
7. Sosiologi
studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanyaPHK karena adanya otomasi kantor.
Tipe-tipe Interaksi :
interaksi antara user dan
komputer,dibedakan 2 (dua) yaitu :
·
Langsung : dialog dengan feedback
dan kontrol dari performance tugas (what you see what you get)
·
Tidak langsung : proses backround
dan batch
Ada 5 tipe utama interaksi untuk user interaction:
·
1. Direct
manipulation – pengoperasian secara langsung : interaksi langsung dengan objek
pada layar. Misalnya delete file dengan memasukkannya ke trash. Contoh: Video
games. Kelebihan
: Waktu pembelajaran user sangat singkat, feedback langsung diberikan pada tiap aksi sehingga kesalahan
terdeteksi dan diperbaiki dengan cepat. Kekurangan : Interface tipe
ini rumit dan memerlukan banyak fasilitas pada sistem komputer, cocok untuk
penggambaran secara visual untuk satu operasi atau objek.
·
2. Menu
selection – pilihan berbentuk menu : Memilih perintah dari daftar
yang disediakan. Misalnya saat click kanan dan memilih aksi yang dikehendaki.
Kelebihan : User tidak perlu ingat nama perintah. Pengetikan minimal. Kesalahan
rendah. Kekurangan : Tidak ada logika AND atau OR. Perlu ada struktur menu jika
banyak pilihan. Menu dianggap lambat oleh expert user dibanding command
language.
·
3. Form
fill-in – pengisian form : Mengisi area-area pada form. Contoh : Stock control.
Kelebihan : Masukan data yang sederhana. Mudah dipelajari Kekurangan :
Memerlukan banyak tempat di layar. Harus menyesuaikan dengan form manual dan
kebiasaan user.
·
4. Command language
– perintah tertulis : Menuliskan perintah yang sudah ditentukan pada program.
Contoh: operating system. Kelebihan
: Perintah diketikan langsung pada system. Misal UNIX, DOS command. Bisa
diterapkan pada terminal yang murah.Kombinasi perintah bisa dilakukan. Misal
copy file dan rename nama file. Kekurangan : Perintah harus dipelajari dan
diingat cara penggunaannya, tidak cocok untuk user biasa. Kesalahan pakai
perintah sering terjadi. Perlu ada sistem pemulihan kesalahan.Kemampuan
mengetik perlu.
·
5. Natural
language – perintah dengan bahasa alami : Menggunakan bahasa alami untuk
mendapatkan hasil. Contoh: search engine di Internet. Kelebihan: Perintah dalam
bentuk bahasa alami, dengan kosa kata yang terbatas (singkat), misalnya kata
kunci yang kita tentukan untuk dicari oleh search engine. Ada kebebasan menggunakan
kata-kata. Kekurangan:
Tidak semua sistem cocok gunakan ini. Jika digunakan maka akan memerlukan banyak pengetikan.
Tujuan utama disusunnya berbagai cara
interaksi manusia & komputer :
·
Untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer
dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada
sebuah sistem komputer. Para perancang antarmuka manusia dan komputer berharap
agar sistem komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah dengan
penggunanya (user friendly).
·
Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang
pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan.
Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras
sehingga susah untuk mengetik sesuatu.
·
Contoh-contoh diatas merupakan beberapa hal mengapa kita
membutuhkan mempelajari Interaksi Manusia dan Komputer.
·
Kita butuh Interaksi manusia komputer adalah agar kita
lebih cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. serta dapat membuat waktu
pengerjaannya lebih cepat dan tidak membutuhkan banyak biaya dalam membuat suatu
pekerjaan.
Tipe-tipe Interface dalam IMK
1. Graphical
User Interface (GUI) : Menggunakan unsur-unsur multimedia (seperti gambar,
suara, video) untuk berinteraksi dengan pengguna.
2. Text-Based
: Menggunakan syntax/rumus yang sudah ditentukan untuk memberikan perintah.
Saat ini interface yang banyak
digunakan dalam software adalah GUI (Graphical User Interface). GUI memberikan
keuntungan seperti:
1. Mudah
dipelajari oleh pengguna yang pengalaman dalam menggunakan komputer cukup
minim.
2. Berpindah
dari satu layar ke layar yang lain tanpa kehilangan informasi.
3. Akses
penuh pada layar dengan segera untuk beberapa macam tugas/keperluan.
Referensi :
http://ayie-dream.blogspot.com/p/materi-interaksi-manusia-dan-komputer_11.html
http://tavipia.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/4948/imk-12-lama.pdf
http://khakimah.blogspot.com/2012/08/kajian-materi-interaksi-manusia-dan.html
Artikelnya sangat bermanfaat...
BalasHapusMy blog
terimakasih sangat bermanfaat artikelnya untuk membuat tugas hci
BalasHapusMy blog