Minggu, 14 April 2013

Mengapa dan apa itu Interaksi Manusia dengan Komputer (IMK)


Nama : Nanda Setiawan
Kelas : 2KB07
Npm : 25111098

Mengapa dan apa itu IMK (Intraksi Manusia dengan Komputer)?
Interaksi manusia dan komputer (bahasa Inggris: human–computer interaction, HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antaramanusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik.
            Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.
Dan mengapa terjadi atau di adakannya Interaksi Manusia dengan Komputer?,
Untuk menghasilkan sebuah sistem yang mudah digunakan, aman, efektif dan efisien.
Model interaksi antara manusia dengan sistem melibatkan tiga komponen, yaitu pengguna, interaksi dan sistem itu sendiri.
Kunci utama HCI adalah daya guna  (usability), yang berarti bahwa suatu sistem harus mudah digunakan, memberi keamanan kepada pengguna, mudah dipelajari dan sebagainya.

Definisi dari interaksi manusia dan komputer adalah sebagai berikut :
1.      Sekumpulan proses, dialog dan kegiatan yang dilalui pengguna dalam memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer
2.      Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomena di sekitar manusia itu sendiri.
3.      Suatu studi ilmiah tentang masyarakat di dalam lingkungan kerjanya


Siapa saja yang terlibat dalam Interaksi Manusia dengan Komputer?
            Dalam hal ini didapatkan kesimpulan bahwa siapa saja yang terlibat dalam Interaksi Manusia dengan Komputer dan jawabannya adalah Manusia, Komputer dan Program yang akan dijalankan, mengapa harus ada program yang akan di jalankan?, sedangkan jika dilihat dari segi pertanyaan tersebut, jelas sekali bahwa siapa yang terlibat dalam Interaksi ini adalah manusia dan komputer.
            Dikarenakan sistem interaksi menerjemahkan antara apa yang diinginkan oleh user terhadap sistem yang ada. Jika user ingin membuat kalimat “Human and Computer Interaction” maka user terlebih dahulu harus tahu program apa yang dapat digunakan untuk menuliskan kalimat tersebut. Jika user tidak mengetahui program apa yang harus digunakan, maka tejadi kesalah pahaman antara user dengan sistem.
Jika user menggunakan program yang tepat, user akan dapat mengetikkan kalimat tersebut dengan menggunakan piranti keyboard. Hubungan antara user dan komputer dijembatani oleh antar muka pengguna (user interface).
Atau :
IMK merupakan subyek multi disiplin yang melibatkan berbagai bidang ilmu desainer system interaktif yang ideal harus memiliki keahlian d berbagai bidang seperti:
·         Psikologi dan ilmu kognitif yang memberikan dasar pengetahuan mengenai persepsi user, kognitif, dan kemampuan memecahkan masalah.
·         Ergonomic yang memberikan dasar pengetahuan mengenai kemampuan atau karakteristik fisik user
·         Sosiologi yang membantu pemahaman konsep interaksi secara luas
·         Ilmu computer dan teknik rekayasa untuk membangun teknologi yang dibutuhkan
·         Bisnis yang memberikan pengetahuan agar mampu memasarkan hasilnya
·         Desain grafis agar mampu untuk menghasilkan presentasi yang efektif mengenai interface
·         Technical writing agar mampu membuat manual dan lain- lain

Konsep dasar dalam Interaksi Manusia dengan Komputer :
            Dalam hal ini adapun konsep dasar Interaksi Manusia dengan Komputer adalah,
1. Segi kemudahan penggunaan
2. Segi keindahan

Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Interaksi_manusia-komputer
http://yulianus-putra.blogspot.com/2011/11/konsep-dasar-interaksi-manusia-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar